7 Cara Mencegah Keputihan

Posted on
Keputihan sebenarnya merupakan hal normal yang dialami oleh setiap wanita yang telah mengalami menstruasi. Cairan ini berasal dari leher rahim, bersifat asam yang menjaga dan membantu membersihkan Miss V dan mencegah infeksi. Untuk keputihan yang normal maka cairannya tidak berbau dan berwarna bening dengan jumlah cairan yang tidak terlalu banyak dan terjadi karena adanya perubahan hormon pada masa kehamilan, penggunaan pil KB, stress (emosional) dan sebelum atau sesudah menstruasi. Sedangkan untuk keputihan yang tidak normal biasaya diakibatkan oleh karena adanya virus atau infeksi bakteri pada Miss V. Umumnya para wanita modern lebih memilh menggunaan produk pembersih khusus Miss V yang saat ini marak dipasarkan. Akan tetapi sebaiknya sebelum menggunakan berbagai produk khusus keputihan ada baiknya bila Anda mengetahui apa saja yang bisa Anda lakukan untuk mencegah keputihan.7 Cara Mencegah KeputihanBerikut ini 7 cara mencegah keputihan yang sebainya Anda aplikasikan dalam kehidupan Anda sehari-hari, yaitu :
  1. Jagalah agar organ kewanitaan Anda senantiasa bersih dan kering pada saat selesai mandi atau buang air.
  2. Kurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gula (manis) atau minuman yang mengandung kafein
  3. Jangan terlalu sering memakai celana ketat karena sirkulasi udara akan terhambat dan bisa mengakibatkan Miss V menjadi lembab, sehingga memungkinkan tumbuhnya bakteri atau jamur.
  4. Berhati-hati pada saat menggunakan toilet umum, sebaiknya Anda tidak menggunakannya apabila air didalamnya tidak bersih
  5. Pada saat tidur sebaiknya pakaian pakaian yang longgar
  6. Bila Anda menggunakan pembersih khusus Miss V, sebaiknya pilih yang antiseptik dan memiliki PH 4-5 (gunakan 1 kali sehari)
  7. Jagalah berat badan Anda tidak terlalu berlebihan (obesitas) dan tidak terlalu kurus. Sebaiknya terapkan pola makan yang sehat dan seimbang.
Cara Mencegah Keputihan dengan Tanaman Herbal AlamiSelain tujuh cara mencegah keputihan tersebut diatas, Anda juga bisa memilih cara tradisional untuk menhindari keputihan dengan menggunakan tanaman herbal alami yang bahan-bahannya sangat mudah dan murah untuk didapatkan, diantaranya adalah :-        Daun sirihKandungan minyak atsiri, pati, diastase, seskuiterpen, zat samak serta kavikol yang bermanfaat sebagai anti jamur dan antioksidan. Caranya Anda cukup mengambil 10-12 lembar daun sirih, setelah itu rebus dengan 2 liter air, setelah itu tunggu sampai suhu air menjadi hangat, kemudia basuhlah area organ kewanitaan Anda 1-2 kali sehari (pagi dan sore-        Bawang putihKandungan anti virus, anti bakteri, dan anti jamur didalamnya sangat bermanfaat untuk kesehatan manusia, dan dapat mencegah keputihan dengan cara alami bagi para wanita. sangat dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari baik dengan cara dimasak terlebih dahulu atau dimakan mentah.Semoga informasi diatas mengenai berbagai cara alami mencegah keputihan dapat bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *