Anda Mengalami Keputihan? Hati-hati, karena Bisa Menghalangi Jalan Sperma

Posted on

TRIBUNJAMBI.COM - KEBERADAAN mikro organisme bakteri, jamur atau parasit yang menyebabkan keputihan ternyata dapat memicu sulit hamil.

Dijelaskan Dokter Rumah Sakit Siloam, dr Ismail Usman MKed (OG), Sp.OG, keberadaan bakteri atau jamur penyebab keputihan dapat menghalangi jalan sperma.

Sebagaimana yang diketahui, dalam proses kehamilan sperma mengalami sejumlah tantangan. Dengan tingkat keasaman vagina 3.5-4.5 banyak sperma yang mati.

"Kemudian dia ke serviks, mulut rahim, mati lagi. Lalu ke rongga rahim, mati lagi. Ke dinding rahim begitupun. Masuk ke indung telur, mati lagi. Jadi yang keluar berapa yang selamat cuma berapa," katanya.

"Jika ada keputihan, dia akan menambah tingkat keasaman vagina maka dia akan banyak membunuh sperma," lanjut dr Ismail.

Dengan banyaknya keputihan tersebut sperma akan susah jalan untuk mencapai sel telur. Disisi lain, apabila keputihannya sudah kategori berat makan bakterinya tidak hanya berkembang di lubang vagina tapi juga masuk ke rahim.

"Dia bisa bikin infeksi di saluran tuba, bisa bikin infeksi di panggul, sehingga akan mempersulit terjadinya pertemuan sperma dan sel telur pasti jadi sulit hamil. Jadi betul, keputihan sangat berpengaruh dalam kehamilan," pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *