Awas, Makanan Ini Rentan Sebabkan Keputihan

Posted on

surabayanews.co.id – Sebagian besar wanita tentu pernah mengalami keputihan. Dikutip dari health.com, keputihan adalah sekresi vaginal dimana hal ini sering terjadi sebelum atau sesudah haid, atau bisa juga saat masa subur.

Masalah yang terjadi di organ intim wanita ini disebabkan oleh adanya bakteri, virus, dan beberapa hal seperti kondisi tubuh yang lelah, stres, celana dalam yang kotor, hingga karena asupan makanan.

Pada umumnya, makanan yang menyebabkan keputihan adalah makanan yang mengandung banyak zat gula. Berikut ini adalah jenis-jenis makanan yang menyebabkan keputihan :

1. Makanan manis
Makanan manis atau makanan yang mengandung banyak gula adalah makanan utama yang sebabkan keputihan. Pasalnya, ketika tubuh mendapatkan asupan gula yang banyak atau berlebih, hal ini akan menyebabkan tumbuhnya jamur Candida Albicans. Jamur inilah yang nantinya bisa menyebabkan keputihan dan berbagai permasalahan organ intim lainnya.

2. Makanan berragi
Makanan yang mengandung ragi atau makanan hasil fermentasi, seperti tape, keju, pasta, dan jamur, dipercaya para ahli dapat memicu kemunculan jamur sehingga wanita mengeluarkan lendir yang berlebihan dan memperparah keputihan.

3. Buah kering
Buah yang dikeringkan akan mengandung zat gula lebih banyak. Selain itu, buah yang dikeringkan juga rentan mengandung fruktosa tinggi, dimana hal ini bisa membuat jamur atau bakteri di organ intim berkembang dengan cepat. Saat jamur dan bakteri berkembang lebih cepat inilah, keputihan akan terjadi.

4. Gorengan berbumbu pedas
Gorengan atau makanan berminyak lebih yang berbumbu pedas dapat menyebabkan keputihan karena tepung yang digunakan dalam gorengan tersebut mengandung banyak karbohidrat. Karbohidrat yang banyak inilah yang akan meningkatkan kadar gula dalam tubuh hingga menyebabkan keputihan. Jika gorengan ini dipadukan dengan bumbu pedas, bakteri dan jamur penyebab keputihan bisa berkembang dan tumbuh dengan sangat cepat.

Itu tadi adalah beberapa jenis makanan yang dipercaya menyebabkan keputihan. Pastikan untuk selalu menjaga pola makan dan memperbanyak asupan sayur serta buah. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan organ intim dan pakaian, serta berolahraga dan beristirahan dengan teratur. Semoga bermanfaat!

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *