Bakteri pada Keputihan Bisa Picu Keguguran

Posted on

METROPOLITAN.ID | Semua wanita pasti pernah mengalami keputihan. Kondisi alami ini berfungsi untuk membersihkan dan melindungi vagina dari infeksi. Namun, bila keputihannya parah, bisa berdampak berbagai hal, salah satunya keguguran.

Ibu hamil juga biasanya akan mengalami keputihan yang berhubungan dengan kehamilan. Jumlah, warna serta kekentalan lendir karena keputihan tergantung pada siklus menstruasi yang dialami. ”Lendir yang normal umumnya berwarna bening hingga keputih-putihan, tidak berbau dan tidak disertai gatal-gatal atau rasa perih pada daerah vagina,” kata dr Deffy.

Bila keputihan tersebut menyebabkan Anda keguguran, berarti ada sesuatu yang perlu diketahui. Apalagi, keguguran juga bisa disebabkan bakteri yang ada di daerah kewanitaan. Salah satu bakteri yang menyebabkan keputihan menjadi tidak normal adalah Bacterial Vaginosis (BV) atau vaginosis bakteri. Hal ini terjadi karena terganggunya keseimbangan bakteri di vagina. Meski tidak menimbulkan rasa sakit maupun gatal, BV menyebabkan keputihan dan aroma vagina yang tidak sedap bagi penderitanya.

BV umumnya tak berbahaya, namun jika dialami wanita yang sedang hamil, infeksi ini berisiko kecil menimbulkan komplikasi pada kehamilan seperti keguguran atau kelahiran prematur. Bagaimana pun, jika vagina mengeluarkan cairan dalam jumlah banyak, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter kan­du­ngan. (vin/ram/wan)

Recommended for you

Leave a Reply

Cancel reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *