Berbagai Macam Jenis Kista Ovarium yang Dapat Bersarang di Rahim Anda

Posted on
Kista Ovarium adalah sebuah kantong kecil yang secara alami terbentuk di dalam ovarium atau indung telur yang terdapat di dalam rahim seorang wanita. Pada kantong yang terbentuk di dalam ovarium atau indung telur tersebut akan ditemukan cairan yang volumenya berbeda-beda, banyak sedikitnya cairan tersebut lah yang menentukan besar kecilnya kista ovarium tersebut. Kista ovarium ini termasuk dalam jenis tumor jinak dan sebenarnya juga tidak terlalu membahayakan. Sebenarnya, kista ovarium ini dapat hilang dengan sendirinya seiring dengan berjalanya waktu, namun ada beberapa kasus khusus yang dapat mengakibatkan tidak lancarnya siklus menstruasi, pendarahan, pecahnya kista di dalam rahim, menurunkan kemungkinan seorang wanita untuk dapat mengalami proses kehamilan atau sama sekali tidak bisa mengalami masa kehamilan, batang ovarium mengalami masalah seperti terlilit dan adanya kemungkinan mengalami kanker endometrium.Proses Terbentuknya Kista OvariumKista ovarium ini biasa disebut juga dengan kista fungsional. Istilah ini muncul karena akan adanya satu waktu dimana kista ini akan menyusut dengan sendirinya dan hilang. Namun, tidak semua jenis kista dapat mengecil dan hilang dengan sendirinya seperti itu. Banyak orang yang tidak tahu bagaimana proses sebenarnya terbentuknya kista itu sendiri. Berikut ini merupakan kronologis bagaimana terbentuknya sebuah kista ovarium di dalam rahim, yaitu:
  1. Seorang wanita normal pasti memiliki 2 saluran ovarium, yaitu di sisi kanan dan di sisi kiri.
  2. Setiap bulanya, setiap ovarium akan menghasilkan telur atau ovum yang akan terbungkus seperti kantung yang bernama folikel.
  3. Kista terbentuk ketika foliket tersebut tidak dapat pecah secara sempurna, sehingga telur yang berada di dalamnya tidak dapat keluar, sehingga proses menstruasi pun terhambat dan tidak lancer.
  4. Saat folikel tidak dapat pecah dengan sempurna maka ada cairan didalamnya yang tertinggal.
  5. Maka, cairan tersebut merupakan awal mula dari terbentuknya kista ovarium tersebut, pada awalnya besarnya tidak akan melebihi 4cm, namun seiring berjalanya waktu kista itu dapat memebersar ataupun mengecil dan menghilang dengan sendirinya.
Gejala Penyakit Kista OvariumBerikut ini merupakan beberapa contoh dari gejala-gejala yang biasanya timbul dan dianggap sebagai tanda-tanda dari adanya kista di dalam rahim. Gejala-gejala kista ovarium tersebut antara lain:
  1. Ada gangguan pada perut seperti rasa kembung, berat dan penuh
  2. Sulit buang air kecil karena factor penekanan yang terjadi pada kandung kemih
  3. Siklus menstruasi yang tidak teratur
  4. Darah yang keluar saat menstruasi jumlahnya tidak stabil, kadang terlalu banyak, terkadang terlalu sedikit
  5. Rasa sakit di sekitar panggul dan punggung bagian bawah yang tampak seperti nyeri dan pegal-pegal
  6. Ada rasa nyeri saat bersendawa disekitar daerah diagfragma
  7. Payudara mengeras seperti gejala kehamilan
  8. Seringnya timbul rasa mual

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *