Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil

Posted on
Apakah Anda ingin mengetahui cara mengatasi keputihan saat hamil? Pada saat hamil ada beberapa masalah wanita yang terkadang terjadi pada setiap wanita. Masalah yang timbul ini biasanya beberapa hal yang terjadi salah satu di antaranya adalah mengenai keputihan yang terjadi. Keputihan ini terjadi pada saat hal tak terlalu menggangu wanita tersebut akan kehamilannya. Namun fakta yang menarik adalah ketika keputihan di biarkan secara terus menerus dapat membahayakan bagi kehamilan yang sedang di jalani. Beberapa akibat keputihan yang di biarkan akan berakibat pada lahirnya bayi secara prematur. Selain itu bayi prematur hal lain yang membahayakan adalah ketuban yang dapat pecah sebelum waktunya akan terjadi keputihan. Untuk membantu mengatasi masalah keputihan yang terjadi saat kehamilan maka ada baiknya jika Anda mengetahui beberapa hal berikut ini.Adapun cara mengatasi keputihan saat hamil yaitu
  1. Hindari penggunaan air yang kotor saat di toilet umum. Hal ini karena akan memperparah keputihan yang terjadi pada ibu hamil. Untuk itu apabila Anda terpaksa menggunakan toilet umum maka ada baiknya jika selalu membawa tissue kering untuk membasuh organ kewanitaan agar tetap dalam kondisi kering. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan sebelum Anda menggunakan toilet umum. Hindari menggunakan air langsung di bak mandi namun tampunglah dengan menggunakan gayung langsung dari keran untuk membasuh organ kewanitaan Anda.
  2. Gunakan celana dalam dengan bahan katun yang dapat menyerap keringat dan juga pilihlah celana dalam yang tidak ketat. Tujuaanya agar celana dalam nyaman ketika di gunakan untuk berkatifitas sehari-hari.
  3. Apabila ingin menggunakan pantyliner pastikan jika akan berpergian terlalu jauh saja. Jangan menggunakannya dalam kegiatan sehari-hari. Dengan begitu maka keputihan akibat organ kewanitaan yang lembab dapat di hindari.
  4. Membersihkan organ kewanitaan setelah buang air besar dan kecil wajib di lakukan. Namun sebaiknya Anda mengetahui cara membersihkan organ kewanitaan yang benar. Untuk membersihkan organ kewanitaan secara benar maka akan lebih baik jika dari depan kebelakang. Tujuannya adalah menghindari mikroorganisme yang berada di dalam anus masuk hingga ke bagian depan.
  5. Untuk menjaga dari dalam adalah mengurangi makanan manis dan juga minuman yang mengandung kafein. Makanan dan minuman jenis ini sangat berpengaruh akan keputihan yang menyerang ibu hamil.
  6. Hindari penggunaan obat-obatan yang di jual bebas di pasaran dengan begitu maka Anda dapat mengurangi terjadinya keputihan ketika sedang hamil. Apabila Anda sakit dalam kondisi sedang hamil maka sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk menghindari terjadinya keputihan.
  7. Ada baiknya hindari penggunaan sabun kewanitaan yang di jual bebas di pasaran dan juga tissu yang mengandung aroma wewanginya. Kedua benda ini kurang cocok apabila di gunakan untuk mengeringkan organ kewanitaan karena dapat menyebabkan keputihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *