Cegah Keputihan Jangan Sampai Terlambat

Posted on

KEPUTIHAN akibat jamur menjadi momok yang menakutkan bagi kaum perempuan. Karena itu, gaya hidup yang bersih serta peduli pada kesehatan diri menjadi hal yang penting agar terhindar dari penyakit.


Pencegahan keputihan akibat jamur sangat berkaitan dengan menjaga kebersihan. Karena itu, rajinlah mencuci bagian vulva (bagian luar vagina) setiap hari dan menjaga agar tetap kering untuk mencegah tumbuhnya bakteri dan jamur. Saat menstruasi biasakan mengganti pembalut apabila sudah terasa basah dan lembab.


Hindari pula penggunaan cairan pembersih kewanitaan yang mengandung bahan kimia terlalu berlebihan. Ingat, hal itu dapat mengganggu pH cairan kewanitaan dan dapat merangsang munculnya jamur.


Yang sering dianggap sepele adalah menjaga kuku tetap bersih dan pendek. Kuku dapat terinfeksi Candida akibat garukan pada kulit yang terinfeksi. Candida yang tertimbun di bawah kuku tersebut dapat menular ke vagina saat mandi atau cebok. Selain itu, berhati-hatilah menggunakan WC umum terutama untuk kloset duduk, hindari duduk di atas kloset atau mengelapnya terlebih dahulu.


Pencegahan lainnya dari keputihan akibat jamur adalah memperhatikan penggunaan pakaian, di antaranya, apabila celana dalam yang dipakai sudah terasa lembab sebaiknya segera diganti dengan yang kering dan bersih. Hindari pemakaian pakaian dalam atau celana panjang yang terlalu ketat karena dapat meningkatkan organ kewanitaan.


Selain itu, tidak duduk dengan pakaian basah misalnya selesai olahraga dan selesai renang karena jamur lebih senang pada lingkungan yang basah dan lembab. Dianjurkan menggunakan pakaian dalam dari bahan katun karena dapat menyerap kelembaban dan menjaga agar sirkulasi udara tetap terjaga.


Faktor lainnya untuk menghindari keputihan akibat jamur adalah mengatur gaya hidup, di antaranya, menghindari seks bebas atau bergantiganti pasangan tanpa menggunakan alat pelindung seperti kondom. Kendalikan pula stres, istirahat yang cukup, menghindari rokok, dan alcohol, rajin berolahraga agar stamina tubuh meningkat untuk melawan serangan infeksi serta mengkonsumsi diet yang tinggi protein.


Mengurangi makanan tinggi gula dan karbohidrat karena dapat mengakibatkan pertumbuhan bakteri yang merugikan juga menjadi hal yang penting untuk menghindari penyakit keputihan akibat jamur ini. Seorang wanita juga harus tetap menjaga berat badan tetap ideal dan seimbang. Kegemukan dapat membuat kedua paha tertutup rapat sehingga mengganggu sirkulasi udara dan meningkatkan kelembaban sekitar vagina.


Apabila mengalami keputihan dan mendapatkan pengobatan antibiotik oral (yang diminum) sebaiknya mengkonsumsi antibiotik tersebut sampai habis sesuai dengan yang diresepkan agar bakteri tidak kebal dan keputihan tidak datang lagi. Apabila mengalami keputihan yang tidak normal segera datang ke fasilitas pelayanan kesehatan agar segera mendapatkan penanganan dan tidak memperparah keputihan. Nastatia Agna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *