Ciri-ciri Keputihan yang Berbahaya

Posted on

surabayanews.co.id – Keputihan merupakan kondisi dimana keluarnya cairan atau lendir dari vagina yang berwarna putih, bahkan terkadang kuning hingga kecoklatan. Sebenarnya, selama keputihan tidak terlalu sering terjadi, keputihan merupakan hal yang normal terjadi pada wanita. Apabila keputihan terjadi terlalu sering, maka akan timbul faktor lain yang bisa dianggap berbahaya.

Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, keputihan pun kerap kali menurunkan rasa percaya diri wanita, terutama wanita yang telah menikah. Oleh karena itu, keputihan yang terjadi perlu diperiksakan untuk mengetahui apakah keputihan tersebut normal atau tidak.

Keputihan sendiri terbagi atas dua jenis, yaitu keputihan normal (fisiologis) dan keputihan yang tidak normal atau yang harus diwaspadai (patologis).

Keputihan normal bisa diukur dari cairan vagina yang memiliki fungsi untuk membersihkan sistem reproduksi wanita. Kondisi ini terjadi pada saat wanita memasuki masa subur, sebelum atau sesudah, atau pada saat mendapat rangsangan. Cairan yang keluar pun biasanya encer, berwarna transparan atau bening, tidak lengket, tidak berbau, tidak menyebabkan gatal, dan jumlahnya sedikit.

Sementara itu, keputihan yang tidak normal biasanya terjadi pada ibu hamil dan harus diwaspadai karena berpotensi mengganggu kesehatan janin. Ciri-ciri keputihan yang tidak normal adalah cairan kental, berwarna putih susu hingga kuning, berbau tidak sedap, menyebabkan gatal, jumlahnya banyak dan meninggalkan bercak pada pakaian dalam.

Saat Anda mengalami keputihan tidak normal, jangan mencoba untuk mengobati keputihan dengan minum obat bebas, jamu, atau memakai sabun pembersih kewanitaan karena hal ini akan membuat keputihan lebih parah. Sebaiknya, keputihan tersebut segera ditangani oleh dokter yang benar-benar ahli.

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *