Hal-Hal Terkait Masalah Keputihan Pada Wanita

Posted on
Keputihan adalah teman paling setia yang kerap dikeluhkan oleh sebagian besar wanita. Bagi mereka yang aware dengan kesehatan, pastinya mampu mengenali masalah keputihan Namun ada pula yang tidak begitu peduli dengan kesehatan organ kewanitaan. Hingga ujung-ujungnya mereka harus didiagnosa mengalami penyakit berat karena keputihan. Apakah Anda salah satu orang yang sering kebingungan dengan keputihan dan gejalanya?Berikut beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan terkait keputihan.
  • Jenis keputihan
Dalam ilmu kedokteran, kita mengenal keputihan fisiologis dan patologis. Pada umumnya, wanita hanya mengalami keputihan ketika memasuki masa subur atau sedang mengalami rangsangan. Keputihan ini pun tidak berbau menyengat dan hanya berwarna bening. Saat mengalaminya, Anda tak akan mengeluhkan rasa gatal yang biasanya dialami oleh penderita keputihan tidak normal. Inilah yang dimaksud dengan keputihan fisiologis atau keputihan normal.Sedangkan keputihan patologis bisa dikatakan sebagai keputihan tidak normal. Masalah keputihan ini bisa beresiko pada infeksi parah dan menimbulkan efek samping lainnya. Pada wanita, keputihan patologis bisa meningkatkan resiko bayi terlahir prematur. Bahkan beberapa kasus pun menunjukkan bahwa bayi terlahir buta akibat infeksi virus. Satu hal yang perlu diingat, keputihan tidak normal biasanya berwarna jauh lebih kental dan menimbulkan bau serta rasa tidak nyaman.
  • Penyebab keputihan
Kebersihan organ vagina adalah hal penting yang wajib diperhatikan oleh para wanita. Tanpa mereka sadari, keputihan bisa saja timbul karena sulit menjaga kebersihan organ vagina. Keputihan bisa saja menyerang bagian organ vital Anda sewaktu-waktu. Hal ini berakibat pada peningkatan kelembaban organ vagina seorang wanita. Kelembaban organ vagina yang tidak dijaga akan menimbulkan bakteri patogen.Bakteri patogen sebagai masalah keputihan hasilnya akan mengontrol produksi hormon di dalam tubuh. Hal ini berujung pada ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh manusia. Selain masalah kebersihan vagina, keputihan pun bisa disebabkan oleh virus, jamur serta virus. Ciri-cirinya sendiri adalah cairan berwarna begitu kental seperti susu. Baunya pun tidak sedap dan menimbulkan rasa gatal di bagian sekitar vagina Anda.
  • Mencegah keputihan
Masalah wanita satu ini sebenarnya bisa diatasi dengan cara paling gampang. Anda bisa saja memperhatikan penggunaan celana dalam, pembalut serta cairan penyemprot vagina. Untuk pembalut sendiri, pilihlah pembalut yang dirasa aman dan tepat. Usahakan pula bantalan pada pembalut berkualitas dan tidak beresiko. Ganti pula pembalut Anda 3 hingga 4 jam sekali untuk menghindari perkembangan bakteri.Di samping itu, memilih celana dalam pun perlu diperhatikan. Celana dalam yang baik guna mengatasi masalah keputihan adalah yang tidak begitu ketat. Hindari pula bahan yang tidak menyerap keringat, karena akan membuat kelembaban vagina terganggu. Minimal ganti 2 kali dalam sehari pakaian dalam Anda. Sedangkan penggunaan penyemprot vagina perlu disikapi bijak. Ada kalanya hal tersebut malah memperparah tingkat keasamaan organ intim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *