Idap Penyakit Langka, Wanita Ini Pingsan Tiap Dengar Suara Keras

Posted on
Melbourne, Mendengar suara yang keras seperti ledakan atau klakson mobil, seseorang biasanya akan kaget. Namun yang dialami oleh Soyla Echeverria justru berbeda. Ia bisa tiba-tiba pingsan.

Ya, wanita berusia 28 tahun ini mengidap kondisi langka yang disebut sebagai Cataplexy. Kondisi ini membuat otot tiba-tiba menjadi lemah, yang biasanya dipicu oleh perubahan emosi yang kuat dan ada suara keras yang tiba-tiba muncul.

Akibat diagnosis tersebut, Soyla yang bekerja sebagai chef pastry ini pernah beberapa kali mengalami berbagai hal yang mengancam jiwanya. Salah satunya adalah ketika ia tiba-tiba pingsan di dalam freezer tempat kerjanya saat ada piring yang pecah.

Baca juga: Bayi Ini Lahir dari Ibu yang Sudah Mati Otak Hampir 2 Bulan

"Untungnya saya tidak cedera sama sekali. Tapi saya khawatir saya bisa pingsan dalam kondisi yang lebih berbahaya. Saya bisa saja pingsan di tengah jalan lalu tertabrak mobil. Apa saja bisa terjadi," ujar Soyla, seperti dikutip dari Daily Mail, Senin (25/4/2016).

Soyla menceritakan, ia mulai mengalami kondisi aneh ini saat masih berusia 16 tahun. Kala itu ia beberapa kali mendadak lemas dan pingsan saat tiba-tiba ada suara klakson mobil atau pecahan kaca.

Beberapa kali mengeluhkan kondisi tersebut, keluarga dan teman-teman Soyla sempat ragu bahwa hal itu adalah sesuatu yang serius dan berhubungan dengan kondisi medis. Ia bahkan malah disuruh berkonsultasi dengan seorang konselor. "Saya mencoba untuk memberitahu orang-orang bahwa ini mungkin adalah penyakit. Tapi mereka saat itu tidak percaya," imbuhnya.

Kondisi Soyla baru mulai dianggap serius saat ia tiba-tiba pingsan di rel trem, sewaktu ia kaget mendengar suara sirene mobil polisi. Beruntung polisi menyadari hal tersebut dan segera membawanya ke rumah sakit.

Cataplexy yang dialami oleh Soyla bisa saja terjadi setiap hari, namun kini ia sudah diberikan obat yang dapat membuat diagnosis tersebut lebih mudah dikelola. Yang pasti, kini Soyla hampir tidak pernah bisa pergi ke luar rumah seorang diri.

"Saya hanya ingin sembuh, obat-obat hanya meringankan kondisi saya. Saya sendiri belum menemukan jawaban tentang apa yang bisa saya lakukan agar sembuh," tutur Soyla.

Baca juga: Kisah Misty, Diselamatkan Balitanya Saat Kejang dan Tak Sadarkan Diri


(ajg/vit)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *