Kanker Rahim Penyakit Berbahaya

Posted on
Kanker rahim adalah sebuah penyakit yang berbahaya dapat menimbulkan Kematian. Penyakit ini diakibatkan oleh tumor ganas yang berada di dalam lapisan rahim ( endometrium ). Penyakit ini sebetulnya sama dengan miom atau mioma tapi bedanya jaringan yang tumbuh di kanker rahim lebih berbahaya daripada miom yang merupakan tumor jinak. Kanker ini dapat menyerang semua organ reproduksi wanita. Di Amerika ada sebuah lembaga kanker di tempat tersebut melakukan pengamatan dan perhitungan pada tahun 1983 lembaga tersebut mencatat korban meninggal akibat kanker rahim bisa mencapai 12.000 jiwa. Hal ini menjadi bukti bahwa kanker rahim adalah penyakit yang mematikan dan harus segera di tangani, menjadikan penyakit ini berada di posisi ke empat sebagai penyebab kematian wanita. Penyakit ini sering dialami oleh para wanita usia lanjut di mana masa suburnya sudah berakhir. Sangat sulit dijumpai penderita yang masih berusia muda.Penyebab kanker ini berkembang di rahim ini sebetulnya belum diketahui dengan pasti. Namun diduga keseimbangan hormon estrogen dan progesteron sangat mempengaruhi penyakit ini dapat berkembang. Selain hormon tersebut terdapat beberapa faktor yang dapat mengakibatkan kanker rahim dapat muncul,berikut adalah beberapa faktor tersebut:
  1. Wanita yang berusia 50 tahun keatas rentang dengan penyakit ini. Di usia tidak subur lagi ini membuat hormon tidak teratur dan hal ini dapat mengakibatkan kanker pada rahimnya.
  2. Memiliki berat badan yang berlebih dapat menambah kemungkinan penyakit ini muncul.
  3. Makanan yang mempunyai kandungan karsinogen tinggi dapat menambahkan kemungkinan wanita ini dapat terjangkit kanker rahim. Makanan itu terdapat pada makanan-makanan yang mengandung bahan pengawet tinggi. Selain itu makanan yang mengandung bahan-bahan kimia juga dapat mengakibatkan kanker rahim. Bukan berarti tidak boleh mengkonsumsi makanan-makanan tersebut, memakan sekali dua kali tetntu tidak berbahaya, namun jika dapat menghindarinya menjadi lebih baik.
  4. Wanita yang mempunyai hipertensi diduga mempunyai kemungkinan tinggi untuk terjangkit kanker rahim tersebut.
  5. Wanita yang tidak mempunyai anak.
  6. Rokok
Cara mendeteksi kanker rahim pada fase awal sangat susah namun pada fase berikutnya bisa di tandai mirip dengan miom, wanita akan haid tidak teratur, pendarahan yang berlebih saat haid dan rasa perih di daerah dekat vagina atau organ reproduksi wanita. Jika sudah positif terjangkit kanker rahim perlu dilakukan penanganan secara cepat. Cara yang terbaik dan segera adalah dengan cara operasi pembedahan untuk mengeluarkan kanker tersebut. Hal ini perlu diwaspadai kerena biasanya wanita yang terjangkit kanker ini berusia tua yang jelas kemampuan bertahannya tidak begitu bagus oleh maka dari itu saat akan melakukan operasi hal kondisi pasien benar-benar dalam kondisi sehat dan stabil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *