Kenali Keputihan dari Warna dan Bau

Posted on

TRIBUNJAMBI.COM- KEPUTIHAN merupakan keluhan umum yang seringkali dialami kaum perempuan.

Dokter Rumah Sakit Siloam, dr Ismail Usman MKed (OG), Sp.OG mengatakan keputihan yakni apapun yang keluar dari liang vagina selain darah yang bisa dikategorikan normal atau tidak normal. Dia bisa berwarna kuning, kehijauan dan sering kali disebut lekore (Leukorrhea).

"Lekore ini sering merujuk kepada keputihan yang tidak normal. Lekore biasanya disertai dengan rasa gatal dan berbau," katanya saat mengisi gathering bersama media lokal Jambi di Siloam Hospital, Jambi, Kamis (21/4).

Baunya juga tidak sedap, bisa berbau apek seperti bau badan atau berbau amis layaknya bau bangkai ikan atau udang.Berbeda halnya dengan keputihan normal yang biasanya memiliki ciri berwarna putih atau bening, kental atau sedikit encer

"Apabila ciri-cirinya sudah berubah, warnanya tidak putih lagi, tapi sudah kekuningan, hijau, merah bata atau merah kecokelatan itu berarti sudah infeksi," kata dr Ismail.

Adapun untuk kasus patologis (yang tidak normal), keputihan disebabkan oleh mikroorganisme seperti jamur, bakteri atau parasit.

"Cara mendiagnosanya mudah. Kita harus mengetahui dari warna, bau dan ada rasa gatal atau tidak? Kalau bau apek itu biasa. Tapi kalau baunya sampai busuk dan tercium orang lain dan gatal itu dicurigai penyebabnya jamur," tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *