Keputihan Bergumpal dan Gatal

Posted on

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Apakah Anda mengalami keputihan ini sejak menikah? Apakah sebelum menikah Anda juga sering mengalami keputihan?

Jadi keputihan yang Anda alami bergumpal dan gatal, namun tidak berbau. Apabila demikian dan berwarna putih susu, kemungkinan keputihan Anda disebabkan oleh jamur. Keputihan oleh jamur memang sangat gatal dan bisa membuat vagina menjadi lecet dan perih.

Hindari menggaruk dan menyabuninya berlebihan. Anda dapat menggunakan pembersih kewanitaan dengan pH yang sesuai dengan vagina, namun tidak berlebihan. Penggunaan terlalu banyak sabun, apalagi yang memiliki pH tinggi, dapat membuat kulit iritasi.

Apakah suami Anda mengalami keluhan serupa, yaitu penis yang gatal dan merah? Jika suami Anda disunat, umumnya kemungkinan ia tertular oleh Anda akan lebih kecil. Namun apabila ia juga mengalami hal serupa, Anda berdua harus diobati bersama.

Untuk mengatsi hal tersebut, dokter akan memeriksa keputihan Anda terlebih dahulu. Apabila memang benar akibat jamur, maka dokter akan memberikan obat antijamur dan antigatal.

Hindari menggaruk vagina dan kulit di sekitarnya. Jika Anda merasa sangat gatal, kompreslah dengan air dingin. Hindari menggunakan celana ketat. Seringlah mengganti pembalut agar tidak lembap. Gunakan celana dalam yang terbuat dari katun. Hindari menggunakan sembarang obat tanpa petunjuk dokter.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,


dr. Karin Wiradarma

Anggota Redaksi Medis

Kedokteran Umum

KlikDokter.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *