Keputihan Bukanlah Masalah Besar

Posted on
Sebelum kita mencari tahu bagaimana cara mengatasi masalah keputihan, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu keputihan sebenarnya. Karena keputihan selalu dianggap sebagai suatu penyakit yang cukup membuat tidak nyaman para wanita.Jenis-jenis KeputihanKeputihan merupakan salah satu hal yang biasanya atau normal terjadi pada seorang wanita dewasa yang telah mengalami siklus menstruasi atau seorang wanita yang telah melewati fase masa subur. Keputihan sendiri ternyata dibagi menjadi 2 jenis, yaitu:
  1. Keputihan Fisiologis
Keputihan fisiologis adalah keputihan yang biasanya pasti terjadi pada setiap bulanya. Keputihan ini terjadi pada saat seorang wanita memasuki masa suburnya yaitu pada saat sekitar 1 minggu sebelum masa siklus menstruasinya dan satu minggu setelah siklus menstruasinya selesai.Ciri-ciri dari keputihan fisiologis antara lain:
  1. Cairan yang keluar dari vagina berwarna bening walaupun terkadang agak kental.
  2. Cairan tersebut tidak berbau
  3. Walaupun akan timbul rasa lembab karena keluarnya cairan dari vagina kita, namun tidak akan mengakibatkan iritasi dan tidak akan menimbulkan rasa gatal.
  4. Keputihan Patologis
Keputihan patologis ini adalah keputihan yang dikategorikan sebagai keputihan abnormal. Hal ini dikarenakan siklus keputihan ini terjadi di luar siklus yang seharusnya seperti keputihan fisiologis. Terdapat perbedaan yang mencolok diantara kedua jenis keputihan ini.Berikut ini merupakan ciri-ciri keputihan patologis:
  1. Keputihan ini disebabkan oleh bakteri, virus maupun jamur yang terdapat pada bibir vagina.
  2. Cairan pada keputihan patologis ini pada umumnya tidak berwarna bening namun agak sedikit keruh bahkan terkadang berwarna kekuningan.
  3. Cairan pada keputihan fisiologis tidak akan memiliki bau, namun pada cairan keputihan pada jenis keputihan patologis anda akan menemukan bau yang tidak sedap dari cairan tersebut.
  4. Timbulnya rasa gatal pada daerah sekitar organ kewanitaan anda tersebut.
  5. Akan timbul bau yang tidak sedap pada sekitar daerah kewanitaan anda karena pengaruh dari cairan tersebut.
Cara Mengatasi Masalah KeputihanAda beberapa kiat-kiat sederhana yang dapat membantu dan dapat menjadi salah satu pilihan cara mengatasi masalah keputihan ini, antara lain:
  1. Konsultasikan dengan dokter kandungan atau dokter spesialis kelamin
Berkonsultasi dengan dokter kandungan atau dokter spesialis kelamin memberikan keuntungan yaitu adalah kita dapat mencegah adanya penyakit-penyakit kelamin atau penyakit-penyakit kewanitaan lain karena kemungkinan bahwa keputihan tersebut merupakan gejala bagi timbulnya penyakit lain juga dapat dimungkinkan. Selain itu juga, dokter lebih bisa memberikan penanganan yang tepat dan dapat mengetahui seberapa parah kondisi kita secara keseluruhan.
  1. Gunakan pembalut yang tepat
Pembalut memiliki banyak jenis dan banyak merk yang pastinya akan berbeda-beda bahan pembuatanya. Sebaiknya kita pintar-pintar dalam memilih pembalut, karena pembalut yang tidak cocok bagi daerah kewanitaan kita dapat mengakitbatkan keputihan dan dapat mengakibatkan iritasi.
  1. Menjaga kebersihan daerah kewanitaan
Seperti yang dikemukakan diatas bahwa keputihan timbul karena bakteri, kuman dan virus maka ada baiknya jika kita dapat menjaga kebersihan organ kewanitaan kita. Ada baiknya jika kita tidak menggunakan air di toilet umum untuk membersihkan organ kewanitaan kita untuk mengurangi resiko.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *