Keputihan Mempengaruhi Kehamilan?

Posted on

Konsultasi Kandungan

Tanya:

Dokter, saya seorang ibu yang sekarang sedang hamil 4 bulan. Saya sering mengalami keputihan, saya ingin bertanya apakah keputihan yang saya alami dapat mempengaruhi kehamilan saya?

 

D, Pontianak

Jawab:

Terima kasih atas pertanyaannya, Ibu Dewi. Kehamilan merupakan suatu keadaan yang sering membuat khawatir seorang ibu hamil, apalagi jika diikuti dengan permasalahan lain, misalnya keputihan. Seorang perempuan akan sering mengalami keputihan saat hamil, karena kondisi hamil  menyebabkan organ kewanitaan lebih aktif mengeluarkan cairan pada daerah kewanitaan.

Di samping keadaan ini menyebabkan keadaan daerah kewanitaan memiliki suasana basa, sehingga mudah terinfeksi. Keadaan ini normal dialami wanita hamil, jika keputihan yang terjadi tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak menimbulkan keluhan bagi wanita hamil yang mengalaminya.

Namun, jika keputihan yang dialami memberikan keluhan lain, misalnya berbau, berwarna kekuningan atau kehijauan, disertai nyeri dan mengganggu, bisa berpengaruh pada kehamilan karena dapat menyebabkan kelahiran pramatur, ketuban pecah sebelum waktunya, infeksi pada saluran kencing atau penyakit radang panggul pada ibu.

Persalinan kurang bulan tentu mengurangi kualitas bayi yang dilahirkan, karena bisa saja organ tubuh pada bayi kurang bulan belum bisa berfungsi dengan sempurna, sehingga saat dilahirkan menyebabkan gangguan pada bayi, misalnya gangguan pernafasan.

Karena itu pemeriksaan kehamilan secara teratur minimal 4 kali selama kehamilan sangat diperlukan, dan sebaiknya segala keluhan yang abnormal selama hamil hendaknya Ibu sampaikan saat pemeriksaan, sehingga bisa segera mendapatkan penanganan yang tepat, agar dapat menghindari efek samping yang tidak diinginkan. Demikian penjelasan saya, semoga bermanfaat, terimakasih.(diasuh dr hj neny dwi anggraeni Sp.OG)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *