Keputihan Normal Juga Perlu Untuk Dicegah

Posted on
Keputihan merupakan salah satu masalah kewanitaan yang sering kali mengganggu seorang wanita, hal tersebut karena keputihan sendiri membuat wanita menjadi kurang nyaman sehingga rasa percaya diri menjadi turun. Keputihan memang wajar terjadi pada saat sebelum atau sesudah menstruasi, namun dalam batas normal. Pada dasarnya keputihan sendiri dibagi menjadi dua jenis yaitu keputihan normaldan keputihan yang tidak normal. Penyebab dari keputihan sendiri bisa dari berbagai macam faktor seperti makanan, jamur dan bakteri atau tidak merawat organ intim wanita. Kemudian juga bisa karena aktivitas seperti hubungan suami istri dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk faktor makanan sendiri biasanya keputihan bisa timbul karena terlalu sering menkonsumsi mentimun, nanas dan juga bengkoang karena buah tersebut dapat menimbulkan resiko keputihan. Kemudian jika tidak memperhatikan kebersihan dari organ intim juga akan menimbulkan keputihan karena jamur dan bakteri dapat berkembang. Untuk beberapa gejala dari keputihan yang mulai tidak normal sendiri adalah cairan yang keluar berwarna kuning kehijauan sampai dengan kecokelatan, jumlah cairan yang dikeluarkan banyak, kemudian juga menimbulkan bau yang tidak sedap. Jika memang hal tersebut terjadi, maka sebaiknya segera konsultasikan ke dokter agar bisa ditangani dengan baik.Tips mencegah keputihanKeputihan normal sendiri memang menjadi suatu hal yang sangat wajar dan juga biasa, namun ada baiknya jika dicegah karena dengan mencegahnya, keputihan tersebut dapat dihindari sehingga tidak membuat rasa percaya diri turun dan tidak akan mengganggu kenyamanan. Oleh karena itu berikut ini adalah beberapa cara mencegah keputihan:
  1. Yang pertama adalah dengan selalu memberisihkan organ intim karena dengan membersihkan organ intim nantinya jamur dan bakteri tidak akan berkembang sehingga keputihan dapat dihindari. Untuk membersihkan organ intim sendiri bisa dengan cara selalu rajin membasuh organ intim sesudah buang air kecil maupun buang air besar. Kemudian juga bisa dengan menggunakan rebusandaun sirih karena akan membuat organ intim menjadi lebih kesat dan juga tidak berbau.
  2. Kemudian bisa juga dengan menkonsumsi kunyit yang dicampur dengan asam jawa khasiat yang akan didapat nantinya akan mencegah bau yang tidak sedap.
  3. Kurangi penggunaan celana jeans yang terlalu ketat karena penggunaan celana jeans yang ketat nantinya akan menimbulkan resiko keputihan. Kemudian juga menkonsumsi sayuran dan juga buah – buahan namun hindari buah – buahan seperti mentimun, nanas dan juga bengkoang.
Menjaga kesehatan organ intimJadi itulah beberapa cara mencegah keputihan dengan cara yang alami. Meskipun keputihan normal, namun tetap perlu untuk dicegah dengan demikian tentu saja nantinya keputihan yang tidak normal akan bisa dihindari. Selain itu juga akan dapat menjaga kesehatan dari organ intim dari berbagai macam gangguan sehingga akan memberikan rasa percaya diri yang lebih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *