Keputihan Seperti Keju Kental, Tanda Kankerkah?

Posted on
Suara.com -

Tanya:

Selamat sore Dokter,
Saya perempuan usia 22 tahun, belum menikah, dan tidak pernah melakukan hubungan seks. Begini Dok, saya punya keluhan selama 2 tahun terakhir termasuk keputihan abnormal.

Dulu, cairan yang keluar dari vagina saya seperti keju kental dan terkadang terasa gatal di vagina, yang terjadi setelah dan sebelum menstruasi, tapi sekarang berlangsung setiap hari. Siklus menstruasi saya 35 hari dan 6 bulan terakhir sering merasakan nyeri pada pinggul.

Kondisi seperti ini sungguh mengganggu aktivitas harian saya. Apakah keputihan ini indikasi dari kanker rahim, Dok? Terima kasih.

Lanita

Jawab:

Selamat sore Saudari Lanita,
Keputihan pada perempuan dapat disebabkan oleh jamur, bakteri, atau parasit, tergantung karakteristik bau, warna, konsistensi keputihan, dan tentunya dengan dikonfirmasi oleh pemeriksaan swab discharge (apusan cairan keputihan). Namun hal ini sulit dilakukan pada perempuan yang belum menikah, sehingga biasanya hanya diambil pada cairan yang keluar saja, tidak bisa mengambil pengambilan asupan cairan dari dalam.

Memang keputihan merupakan salah satu tanda dari kanker rahim, namun yang perlu diperhatikan adalah kanker rahim paling banyak disebabkan oleh virus Human Papillomavirus (HPV). Sehingga sangat jarang terjadi pada perempuan yang belum menikah.

Membaca keluhan yang Anda sebutkan tersebut, cairan keju kental dan gatal, kemungkinan besar keputihan Anda abnormal dan bisa jadi disebabkan oleh jamur. Namun, hal ini belum pasti ditegakan jika belum dilakukan pemeriksaan fisik dan laboratorium secara pasti.

Untuk itu, saya sarankan memeriksakan diri ke dokter agar dapat diketahui penanganan yang lebih tepat.

Terima kasih, semoga bermanfaat bagi Anda.

Dijawab dr. Jonathan Hasian
Sumber: www.meetdoctor.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *