Keputihan yang Berbau Selepas Operasi Caesar

Posted on
Jakarta, Selamat siang Dok, saya 2 hari setelah operasi caesar keluar darah yang berbau tak sedap, sangat banyak, namun tidak berlangsung lama. Kata perawat di RS tersebut, itu tidak apa-apa hanya pembersihan dalam saja. Untungnya tidak ada pendarahan sampai saya pulang dari RS.

Namun keluhan saya sekarang adalah keputihan yang berwarna kecokelatan, berbau amis dan kadang gatal. Sampai berhubungan dengan suami dia mengatakan bau, saya jadi malu. Apakah saya terkena keputihan yang parah Dok? Terimakasih Dok.

Eva (Wanita, 38 tahun)
[email protected]
Tinggi 160 cm, berat 65 kg

Jawaban

Keluarnya darah pasca persalinan (baik operasi sesar maupun persalinan normal) adalah normal. Biasa disebut sebagai darah nifas atau dalam istilah kedokteran disebut sebagai lochia.

Keluarnya lochia dibagai menjadi tiga, yaitu lochia rubra yang berwarna kemerahan keluar sampai beberapa hari pasca persalinan, lochia serosa yang berwarna merah muda kecoklatan sampai dengan dua hingga tiga minggu pasca persalinan dan yang terakhir adalah lochia alba yang berwarna putih kekuningan hingga 40 hari pasca persalinan. Lochia ini berisi eksudat, sel darah merah, sel darah putih, sel desidua, sel epitel dan bakteri.

Normalnya memang lochia ini agak berbau, tetapi apabila bau tersebut sudah mulai menyengat hingga mengganggu hubungan intim, mungkin perlu dilakukan pemeriksaan lebih mendalam ke dokter kandungan, apakah ada infeksi atau tidak. Infeksi tersebut bisa juga tidak berhubungan dengan persalinan tetapi infeksi yang didapat pasca persalinan.

dr. Hari Nugroho, SpOG
Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan
Staf Divisi Ginekologi Onkologi - Departemen Obstetri dan Ginekologi
RSUD dr Soetomo - Universitas Airlangga, Surabaya
Akun Twitter: @drharinugroho(hrn/vit)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *