Lingkaran Hitam di Bawah Mata Kaum Wanita Menyiratkan Tiga penyakit

Posted on
Dark circle atau lingkaran hitam di bawah kantung mata menyiratkan tanda-tanda penyakit. (Internet)

Ingin selalu tampil cantik adalah sifat alami kaum wanita, namun menjadi tidak sempurna lagi jika munculnya lingkaran hitam di bawah mata, keriput dan sebagainya. Ini akan mengurangi secara drastis penampilan seseorang, terutama mereka yang sangat sensitif dengan penampilan fisiknya. Terlepas dari sisi penampilan jangan menganggap remeh perubahan kecil ini, karena jika ada beberapa pengecualian atas perubahan itu, ini menandakan adanya gejala penyakit. Munculnya lingkaran hitam di bawah mata itu belum tentu disebabkan tidur larut malam atau begadang, mungkin masih ada faktor lainnya.

Lingkaran hitam di bawah mata menyiratkan tanda-tanda penyakit

1. Menurunnya fungsi organ hati

Cukup banyak masalah yang terjadi di bagian wajah itu sebagian besarnya berhubungan dengan gejala (penyakit) pada organ hati individu, demikian juga dengan munculnya lingkaran hitam di bawah mata. Terjadinya perubahan pigmen di sekitar wajah dan mata, besar kemungkinan merupakan manifestasi eksternal dari sejumlah penyakit kronis, misalnya seperti penyakit hati kronis, terutama fungsi hati yang abnormal dalam jangka waktu lama, dan mereka yang menderita hepatomegali (pembesaran ukuran organ hati yang melebihi ukuran normalnya), bagi mereka yang punya gejala seperti ini, mata panda atau lingkaran hitam di bawah mata mereka itu akan selalu ada. Dan saat mengalami perubahan pigmen, maka sekitar 20% penderita penyakit hati, lingkaran hitam pada matanya akan terlihat jelas.

Solusi

Jika munculnya lingkaran hitam di mata itu disebabkan oleh gangguan pada organ hati individu, maka yang perlu dilakukan adalah mengobati penyakit hati. Pengobatannya terutama dengan terapi dietetic dan retret (kegiatan menarik diri sejenak dari keramaian dunia, dan mulai melakukan perjalanan ke dalam diri-latihan spiritual), kurangi beban hati, sambil memberikan nutrisi yang cukup untuk memperbaiki sel-sel hati yang rusak atau bermasalah, untuk memulihkan fungsi hati. Selain itu, penuhi dengan asupan makanan yang kaya protein, untuk memastikan pemulihan dan regenerasi sel-sel hati, disarankan sebaiknya konsumsi makanan dari produk susu, telur dan daging.

Jika ingin selalu menyehatkan organ hati, maka pengobatannya mutlak diperlukan, terutama asupan sejumlah elemen penting. Untuk memenuhi kandungan gula dalam sel-sel hati dan kebutuhan metabolismenya, penuhi dengan pasokan karbohidrat dan vitamin yang cukup. Selain itu, harus mematuhi diet rendah lemak, sehingga dengan demikian, tidak hanya dapat menurunkan beban pada organ hati, sekaligus juga kondusif untuk memulihkan kesehatan.

2. Haid tidak teratur

Sebagian besar kaum wanita akan merasa resah karena lingkaran hitam di sekitar mata. Sebenarnya saat seperti ini, jangan hanya melakukan perawatan kulit saja, karena lingkaran hitam di mata seperti ini kemungkinan disebabkan oleh menstruasi yang tidak teratur. Menurut kodokteran Tiongkok, bahwa haid yang tidak teratur, dismenore (nyeri yang menyerang/terjadi di perut menjelang atau selama haid) itu disebabkan oleh aktifitas prostaglandin. Pada saat menstruasi, lapisan rahim yang rusak dikeluarkan dan digantikan dengan yang baru, senyawa molekul yang disebut prostaglandin itu dilepaskan. Senyawa ini menyebabkan otot-otot rahim berkontraksi. Ketika terjadi kontraksi otot rahim, maka suplai darah ke endometrium menyempit. Selain itu, banyaknya darah haid atau mereka yang mengalami perdarahan rahim disfungsional juga rentan mmunculnya lingkaran hitam di mata.

Solusi

Untuk mengatasi masalah di atas, pertama-tama dimulai dari sisi menstruasi. Karena hanya dari sisi inilah baru bisa menyingkirkkan lingkaran hitam di mata sesingkat mungkin, sehingga Anda juga tidak perlu merasa resah lagi karenanya.

3. Kista indung telur (ovarian cysts)

Sebagian besar kaum wanita selalu diganggu oleh penyakit terkait ginekologi, karena tidak hanya rentan terjangkit penyakit ini, tetapi juga mudah kambuh, di antaranya adalah kista ovarium yang selalu meresahkan mereka. Tekanan psikologis yang berlebihan, gangguan kesehatan jangka panjang, pola makan dan gaya hidup yang tidak ideal, perlahan-lahan akan membuat tubuh mengalami pengasaman berlebih, sehingga menurunkan fungsi normal dari tubuh itu sendiri, dan ini akan berimbas pada melambatnya sirkulasi metabolisme, sehingga menyebabkan penyakit ovarium dan gangguan endokrin, yang pada akhirnya menurunkan fungsi kekebalan tubuh, selanjutnya berkembang pada kelainan perkembangan pada jaringan ovarium, dan membentuk kista ovarium. Oleh karena itu, jangan lagi secara gampang menganggap bahwa terjadinya lingkaran hitam di mata itu akibat kurang tidur.

Solusi

Terjadinya penyakit ini ada faktor tertentu, jika ingin memperbaiki masalah terkait di wajah, sebaiknya dimulai dengan perubahan pola makan individu masing-masing. Dalam aktivitas sehari-hari, sebaiknya pola makan itu diatur seideal mungkin. Sekadar diketahui, kolesterol tinggi, protein tinggi, kurangnya vitamin A, C, E, semua ini bisa memicu terjadinya kista ovarium. Selain itu, sebisa mungkin hindari merokok, tekanan psikologis yang berlebihan dan faktor-faktor lain, lagipula, di saat menghindari terjadinya pengasaman tubuh, dan penurunan imunitas, akan lebih rentan mengembangbiakkan kelainan pada jaringan ovarium, yang memicu terjadinya kista ovarium, dan bahkan carcinogenesis (proses terbentuknya kanker)

Cara Menghilangkan lingkaran hitam di mata

1. Lumuri dengan susu

Selain menggunakan produk perawatan kulit, Anda juga bisa menggunakan susu segar. Karena susu tidak hanya memiliki efek perawatan kulit, tapi juga cukup ampuh dalam menyingkirkan mata panda atau lingkaran hitam di bawah mata.

Siapkan air dingin, susu dan tisu, campurkan air dingin dan susu dengan perbandingan 1: 1, kemudian basahi tisu, lalu tempel di bagian bawah mata, dan diamkan sekitar 15 menit, setelah itu Anda bisa lihat sendiri hasilnya, mata panda yang menjengkelkan itu pun sirna.

2. Lumuri dengan air teh

Kita tahu teh tidak hanya kaya akan nutrisi, tetapi juga memiliki efek melawan penyakit, di samping itu, juga bisa menyingkirkan lingkaran hitam di bawah mata. Dingin atau bekukkan segelas teh di dalam kulkas sekitar 15 menit, kemudian ambil sepotong kecil kapas dan rendam di dalam teh, lalu tempelkan pada kelopak mata, cara ini dapat memudarkan lingkaran hitam. Atau Anda juga menempelkan teh celup bekas rendaman.

Kesimpulan: Jika terjadi perubahan di sekitar kulit wajah, sebaiknya hati-hati, temukan akar penyebabnya, jangan diabaikan, hal ini untuk mencegah agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. (Secretchina/Jhn/Yant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *