Manfaat Unik Sperma Bagi Kesehatan Wanita Terungkap

Posted on

Timlo.net—Sperma adalah salah satu komponen vital untuk memulai sebuah keluarga. Seperti sel telur yang dimiliki wanita, sperma pria harus sehat supaya bisa menjangkau dan menembus sel telur. Sekalipun sperma utamanya digunakan untuk pembuahan, tapi rupanya air mani juga berguna untuk kesehatan wanita.

Di dalamnya, ada sebuah senyawa yang disebut Spermine. Senyawa ini dikenal sebagai antioksidan dan bermanfaat bagi kesehatan kulit wanita. Beberapa manfaatnya adalah mengurangi kerutan, menghaluskan kulit dan mencegah jerawat. Sebuah perusahaan di Norwegia, Bioforskning berhasil membuat sintesa dari senyawa ini dan mengubahnya menjadi krim wajah. Menurut perusahaan itu, krim Spermine 30 kali lebih efektif dibandingkan vitamin E dan bisa mencegah proses penuaan hingga 20 persen. Tapi harga krim ini mahal yaitu sekitar $250.

Selain untuk kesehatan kulit, mani ternyata juga berguna untuk kesehatan mental wanita. Dalam sebuah penelitian, terungkap jika para wanita yang terpapar sperma secara langsung jarang mengalami depresi. Hormon pengubah mood yang ditemukan di dalam air ini bisa diserap lewat alat kelamin wanita. Ada beberapa zat kimia yang ditemukan di dalam air mani yang mengurangi depresi: prolactin yaitu anti depresan alami, oksitosin (menolong meningkatkan mood), dan serotonin (dikenal sebagai antidepressant neurotransmitter).

Sperma juga berhubungan langsung dengan frekuensi dan intensitas dari morning sickness. Menurut psikolog dari SUNY-Albany, Gordon Gallup, frekuensi morning sickness berhubungan langsung dengan frekuensi pembuahan selama kehamilan. Dia mengungkapkan jika wanita yang menjalani inseminasi buatan mungkin mengalami muntah dan mual yang parah.

Sumber: MedicalDaily

 

Editor : Ranu Ario

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *