Manfaatkan Bumbu Dapur Untuk Atasi Keputihan

Posted on
Siapa yang tak pernah mengalami keputihan setelah mendapati haid? Rata-rata hampir semua wanita mengalami keputihan selama masa hidupnya. Hal ini normal memang, mengingat organ intim pun mempersiapkan diri menjelang masa ovulasi. Sayangnya, ada sebagian orang yang mengalami keputihan sepanjang hari. Ini tentu mulai tidak normal, karena berwarna kuning kehijauan yang disertai bau tidak enak. Itulah mengapa banyak obat herbal untuk keputihan hadir ke tengah pasaran.Ada beberapa ramuan herbal yang bisa Anda buat sendiri sebenarnya di rumah. Pastinya jauh lebih efisien dan hemat di kantong bukan? Berikut beberapa ramuan herbal yang bisa digunakan untuk mengatasi keputihan.
  • Sambiloto
Orang Indonesia percaya bahwa sambiloto memiliki banyak khasiat dan ternyata ini benar. Tumbuhan sambiloto bisa digunakan untuk menurunkan panas demam yang diderita oleh seseorang. Tak hanya itu, sambiloto yang dikonsumsi secara rutin mampu mencegah terjadinya peradangan. Anda pun sebenarnya bisa memanfaatkan sambiloto untuk mengatasi permasalahan keputihan yang dialami.Cara membuatnya sangatlah gampang, yaitu sediakan 3 batang sambiloto lalu dicuci bersih. Setelah dicuci bersih, potong-potong sambiloto menjadi beberapa bagian. Rebus bersama 400 gelas air hingga tersisa 2 gelas air saja. Tunggu hingga ramuan tersebut dingin, konsumsi 3 kali sehari dengan dosis ¾ gelas. Obat herbal untuk keputihan ini bisa pula dicampur bersama madu agar rasanya tidak begitu pahit.
  • Daun sirih
Sudah sejak lama daun sirih digunakan secara turun temurun, dari nenek moyang kita. Tak salah memang mengingat daun sirih mampu menyembuhkan sariawan, batuk, demam berdarah, asma dan penyakit lainnya. Alami dan tak menimbulkan efek samping, inilah yang menjadi alasan orang zaman sekarang. Khasiat daun sirih pun bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi permasalahan keputihan yang diderita.Pertama-tama, sediakan 10 lembar daun sirih bersama 1 ruas temulawak dan kunyit. Bersihkan semua bahan yang telah Anda sediakan tersebut. Potong kecil-kecil semua bahan tersebut, lalu rebus bersama 1 liter air. Biarkan selama 15 menit dan cebokkan obat herbal untuk keputihan tersebut ke vagina. Lakukan sebanyak 2 kali dalam sehari untuk meredakan permasalahan keputihan yang Anda alami.
  • Kunyit
Bumbu dapur ini lazimnya digunakan pula sebagai pewarna alami yang sangat terjangkau. Ternyata di balik itu kunyit pun bisa dimanfaatkan sebagai anti tumor, obat hepatitis, gangguan pada saluran pencernaan, ataupun gangguan kesehatan lainnya. Untuk masalah keputihan, kunyit bisa dikupas lalu dicuci bersih. Setelah itu parut kunyit tersebut dan peras air kunyit. Air perasan inilah nantinya yang akan dicampurkan bersama asam dan larutan gula jawa. Konsumsi 2 kali dalam sehari untuk hasil yang lebih baik. Jangan lupa untuk menggunakan bahan segar yang masih layak diolah menjadi obat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *