Mengapa Kesehatan Seksual itu Penting?

Posted on

TIDAK bisa dipungkiri, seksualitas merupakan bagian dari kehidupan manusia. Cinta dan kasih sayang semua memiliki peran dalam hubungan yang sehat sejak lahir sampai tua.

Kita tentu sering mendengar tentang pentingnya kesehatan fisik, kesehatan mental, dan spiritual, tetapi perlu kita ketahui bahwa kesehatan seksual juga sangat penting. Mengapa demikian?

Mengutip dari laman MayoClinic kesehatan seksual memungkinkan untuk hubungan yang lebih baik, program kehamilan terencana, dan pencegahan penyakit. Itulah mengapa penting juga untuk mencari informasi tentang semua aspek kesehatan seksual yang diperlukan untuk kesehatan. Penting juga untuk menyadari faktor-faktor yang dapat mempersulit kesehatan seksual Anda.

Kesehatan seksual pada wanita dan pria berbeda-beda. Kesehatan seksual wanita merupakan aspek penting dari kesehatan wanita. Tak jarang wanita sering mengalami masa ia ingin menunda kehamilan, dan kekhawatiran dari penularan infeksi seksual, atau masalah kesehatan seksual lainnya.

Wanita perlu mempelajari cara untuk mencapai hubungan seksual yang baik dan tahu bagaimana melindungi diri dari infeksi menular. Saat usia wanita beranjak tua, saat itu pula wanita perlu memahami perubahan umum dalam kesehatan seksualnya, dan bagaimana mempertahankan kehidupan seks yang sehat dan menyenangkan pada usia berapa pun.

Sedangkan kesehatan seksual pada pria juga tidak kalah penting dari wanita. Bagi pria, kekhawatiran ukuran penis, ejakulasi dini, dan masalah kesehatan seksual lainnya menjadi permasalahan.

Manfaat seksual untuk kesehatan, yang mungkin tidak anda sadari di antaranya, dapat mengurangi risiko jantung dan stroke, membantu menjaga mood agar tetap positif, serta dapat memperbaiki waktu tidur atau pola tidur.

Pada pria, dapat mengurangi risiko kanker prostat, serta menghilangkan rasa nyeri alami. Bagi wanita, orgasme dapat mengurangi rasa nyeri dan kram saat menstruasi. Manfaat lainnya adalah dapat menjaga tubuh agar tetap bugar dan membuat kulit terlihat lebih muda dan panjang umur

* Chairunnisa Dhiee, Relawan Kesehatan RS Ibnu Sina, Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *