Mengatasi Keputihan Melalui Pola Hidup Sehat

Posted on
Tahukah Anda bahwa mengatasi keputihan dapat di lakukan melalui pola hidup sehat? Keputihan terjadi bisa jadi merupakan anda awal suatu penyakit yang terkadang apabila kita sepelekan menjadi masalah di kemudian hari. Namun Anda tak perlu khawatir mengenai masalah yang terjadi karena keputihan yang biasa di alami. Keputihan yang perlu di waspadai adalah jenis keputihan yang memberikan ciri-ciri yang berbeda dan khas. Adapun ciri keputihan yang tidak normal misalnya saja dari bau yang tidak sedap, rasa gatal atau pun panas yang di alami sehingga menyebabkan rasa tidak nyaman dan juga warna keputihan yang kehijau-hijauan. Apabia telah mengalami hal tersebut ada baiknya jika melakukan beberapa cara mengatasi keputihan dengan beberapa cara di bawah ini.Adapun cara mengatasi keputihan melalui pola hidup sehat yaitu
  1. Konsultasi ke dokter
Ada baiknya jika Anda mengunjungi dokter kandungan yang berpraktek di sekitar tempat tinggal atau mengunjungi rumah sakit. Konsultasikan kepada dokter mengenai masalah keputihan yang di alami. Dengan mengkonsultasikan kepada dokter maka Anda akan mendapatkan beberapa saran dan juga pengobatan yang tuntas. Mintaah saran dan obat untuk mengurangi keluhan mengenai keputihan yang di alami.
  1. Jaga kebersihan
Sebaiknya Anda menjaga kebersihan di bagian organ intim atau organ kewanitaan dengan mengganti dua hingga tiga kali dalam sehari. Usahakan agar selalu membawa tissu kering untuk menjaga organ kewanitaan tetap dalam keadaan kering. Tissue harus selalu di bawa untuk menjaga kebersihan ketika berada di toilet umum. Selain itu gantilah pembalut dua hingga tiga kali dalam sehari untuk menjaga dari bakteri atau virus yang dapat berkembang biak di dalam organ kewanitaan Anda.
  1. Hindari sabun kewanitaan
Ada baiknya untuk menghindari sabun kewanitaan yang di jual di pasaran tanpa rekomendasi dokter. Namun apabila Anda ingin membersihkan organ kewanitaan maka sebaiknya meminta rekomendasi dokter sabun yang aman untuk di gunakan dalam waktu sehari-hari. Hal ini karena penggunaan sabun yang asal akan membuat bakteri baik yang di dalam organ kewanitaan menjadi mati dan dapat menyebabkan masalah keputihan.  Salah satu cara mengatasi keputihan untuk menghindari penggunaan sabun kewanitaan yang di jual bebas di pasaran tanpa rekomendasi dokter.
  1. Bersihkan vagina setelah bercinta
Apabila Anda sedang merencanakan kehamilan maka ada baiknya jika bersihkan vagina setelah bercinta. Pastikan jangan langsung membersihkannya namun tunggu minimal setengah jam setelah bercinta. Hal ini di maksudkan agar saat Anda bercinta cairan sperma tidak langsung keluar.
  1. Konsumsi makanan sehat dan olah raga
Sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan sehat  untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga perhatikan mengenai makanan di konsumsi. Hindari makanan yang tidak sehat untuk di konsumsi perbanyak mengkonsumsi makanan seperti sayur dan buah. Jangan lupa untuk selalu merutinkan olah raga misalnya Anda melakukan olah raga seminggu sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *