Mengatasi Masalah Keputihan Secara Alami

Posted on
Keputihan adalah salah satu masalah yang timbul pada organ kewanitaan. Keputihan sendiri terdiri atas 2 jenis keputihan. 2 jenis keputihan itu adalah keputihan normal atau keputihan fisiologis dan keputihan abnormal atau keputihan patologis. Keputihan fisiologis pada umumnya merupakan keputihan yang pasti terjadi dalam setiap bulannya. Keputihan fisiologis ini merupakan keputihan yang biasanya terjadi saat menjelang siklus menstruasi ataupun juga setelah siklus menstruasi. Keputihan fisiologis ini pada umumnya berbentuk seperti cairan bening yang agak sedikit kental namun tidak berbau yang terkadang berasal dari organ kewanitaan kita. Hal ini normal terjadi, jadi anda tidak perlu khawatir jika terjadi keputihan sesaat sebelum menstruasi dan sesaat setelah siklus menstruasi itu berakhir.Ada satu lagi jenis keputihan, yaitu jenis keputihan patologis. Keputihan ini dianggap sebagai keputihan abnormal dikarenakan terjadi di luar siklus yang seharusnya. Beberapa contoh keputihan patologis, antara lain:
  1. Keputihan ini tidak disebabkan oleh siklus menstruasi ataupun sebagai penanda masa subur namun keputihan ini disebabkan oleh bakteri, virus maupun jamur yang terdapat pada bibir vagina.
  2. Cairan pada keputihan patologis ini pada umumnya tidak berwarna bening namun agak sedikit keruh bahkan terkadang berwarna kekuningan.
  3. Cairan pada keputihan fisiologis tidak akan memiliki bau, namun pada cairan keputihan pada jenis keputihan patologis anda akan menemukan bau yang tidak sedap dari cairan tersebut.
  4. Timbulnya rasa gatal pada daerah sekitar organ kewanitaan anda tersebut.
  5. Akan timbul bau yang tidak sedap pada sekitar daerah kewanitaan anda karena pengaruh dari cairan tersebut.
Terdapat beberapa cara sederhana untuk mengatasi keputihan secara alami. Cara mengatasi keputihan secara alami ini dapat kita lakukan di rumah dengan cara-cara yang sederhana. Cara mengatasi keputihan secara alami tersebut, antara lain:
  1. Air rebusan daun sirih
Daun sirih merupakan tanaman yang sangat terkenal khasiatnya untuk mengobati segala macam masalah kewanitaan, begitu juga dengan keputihan. Air rebusan daun sirih ini juga sangat efektive untuk menyembuhkan keputihan. Minum saja air rebusan daun sirih secara rutin, setiap hari, minum setiap pagi dan sore hari saat air rebusan tersebut masih hangat. Selain mengobati keputihan air rebusan daun sirih ini juga dapat meningkatkan daya tahan rahim agar kondisi rahim kuat, menjaga kesehatan organ kewanitaan dan juga dapat mengurangi bau amis saat menstruasi serta menghilangkan dan membantu menangani masalah bau badan.
  1. Rebusan daun sambiloto
Daun ini memang sedikit susah dicari namun anda dapat menemukanya atau menanamnya sendiri. Sama seperti daun sirih, minum saja secara rutin, pagi dan  sore air rebusan daun sambiloto ini maka niscaya keputihan anda dapat teratasi.Selain itu juga, ada sebuah produk yang dapat mengatasi masalah kewanitaan ini. Manjakani Kanza merupakan minuman kesehatan yang dapat mengatasi masalah kewanitaan termasuk juga keputihan. Dibuat dari buat manjakani yang sudah di ubah dan diolah menjadi sebuah kapsul kesehatan yang sangat berguna untuk kesehatan daerah kewanitaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *