Mitos atau Fakta : Nanas Biang Keladi Keputihan

Posted on

surabayanews.co.id – Wanita kerap menghindari nanas karena nanas dianggap sebagai biang keladi keputihan. Namun, mengapa nanas bisa dianggap sebagai penyebab keputihan? Ataukah hal tersebut hanya merupakan mitos saja?

Keputihan itu sendiri terjadi apabila ada reaksi asam yang banyak atau berlebihan pada lambung. Nanas, sama halnya dengan buah yang lain adalah bahan yang lunak dan paling mudah dicerna dalam lambung.

Dengan adanya asupan buah-buahan setelah makan makanan lain, maka berarti gula buah yang sudah diproses harus segera disalurkan sebagai energi terhambat oleh proses makanan lain. Terhambatnya proses aliran gula buah menjadi energi mengakibatkan terjadinya proses peragian dalam lambung.

Keadaan asam ini justru mengaktifkan beberapa bakteri yang bisa merusak (membusukkan) makanan dalam lambung, yang akhirnya dikeluarkan oleh tubuh dalam bentuk lendir. Lendir inilah yang disebut keputihan.

Dengan adanya penjelasan tersebut, maka jelaslah pula bahwa nanas tidak terbukti menyebabkan keputihan. Penyebab dari keputihan itu sendiri adalah pola perilaku makan kita. Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya keputihan, pola perilaku makan perlu diperbaiki.

Santaplah buah-buahan pada umumnya setengah jam lebih awal sebelum makan siang maupun makan malam.

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *