Penyebab Keputihan Berlebihan

Posted on
Tahukah Anda apa saja penyebab keputihan berlebihan yang terjadi pada wanita? Keputihan yang sering sekali datang sangat menggangu aktifitas sehari-hari. Hal ini terlihat dari rasa tidak nyaman yang di rasakan seperti rasa gatal, lengket dan juga rasa selalu basah pada bagian celana dalam tersebut. Bagi sebagian wanita terkadang menganggap remeh hal tersebut namun keputihan yang berlebihan dapat mengakibatkan penyakit yang berbahaya lainnya seperti kanker serviks. Penyebab kanker serviks salah satunya karena keputihan yang berlebihan namun lambat mendapatkan penanganan yang optimal. Untuk itu ada baiknya Anda mengetahui apa saja yang dapat menjadi penyebab keputihan yang berlebihan di rasakan kaum wanita.Adapun penyebab dari keputihan yang berlebihan yaitu
  1. Menjelang siklus menstruasi
Penyebab keputihan ini bisa terjadi karena faktor keputihan yang terjadi pada saat wanita menjelang menstruasi. Keputihan menjelang menstruasi ini cenderung menjadi banyak karena faktor perubahan hormon yang meningkat. Hal ini biasa terjadi namun perlu di waspadai mengenai beberapa hal. Hal-hal yang perlu di waspadai misalnya saja bau, warna dan juga rasa. Keputihan yang normal tidak ada bau yang menyengat, warna pun putih bening atau kuning saja dan juga apabila keputihan keluar tidak akan menimbulkan rasa gatal di bagian daerah kewanitaan Anda.
  1. Bakteri pada vagina
Pada saat melakukan hubungan suami istri jagalah kebersihan dengan membasuhnya setengah jam minimal setelah bercinta dengan suami Anda. Hal ini karena menjaga agar bakteri di vagina dalam kondisi yang stabil dan normal. Ganti celana dalam jika sekiranya setelah bercinta merasa celana dalam yang lembab dan sudah tidak nyaman di pakai.
  1. Kanker rahim
Keputihan yang berlebihan akan dapat mengakibatkan kanker rahim apabila di biarkan begitu saja tanpa penanganan yang serius oleh dokter. Keputihan ini di tandai dengan warna keputihan yang coklat kehijauan, bau yang sangat menyengat atau bisa di katakan busuk dan juga rasa gatal serta panas yang di timbulkan di dalam vagina Anda. Keputihan yang di rasakan biasanya terjadi apabila seorang wanita merasakan setelah menopouse yang dapat mengakibatkan pendarahan yang tidak normal terjadi pada bagian orga kewanitaan Anda.
  1. Kanker serviks
Hampir sama seperti pada kanker rahim tanda-tanda yang di rasakan di awal terjadi kanker serviks. Namun penyebab yang terjadi sungguh sangat berbeda yaitu biasanya karena sistem kekebalan tubuh yang tidak bekerja sebagaimana mestinya. Sehingga hal ini akan menyebabkan penyakit tersebut.Setelah Anda mengetahui mengenai keputihan yang berlebihan maka sebaiknya mencegah mengenai penyebab yang terjadi. Pencegahan bisa di lakukan dengan menjaga agar celana dalam tetap dalam keadaan kering, ganti pembalut atau celana dalam minimal dua hingga tiga kali dalam sehari, menghindari makanan dan minuman yang manis atau mengandung kafein serta hindari penggunaan pantyliner.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *