TIPS KESEHATAN Penyebab Wanita Perlu Waktu Tidur Lebih Banyak Ketimbang Pria

Posted on

Tips kesehatan kali ini mengungkapkan kebutuhan tidur wanita lebih besar daripada pria.

Solopos.com, SOLO — Kebutuhan tidur antara wanita dan pria berbeda. Menurut penelitian kesehatan, wanita perlu tidur lebih banyak daripada pria. Mengapa?

Dikutip Solopos.com dari Higherperspectives, Senin (21/3/2016), ada prespektif keliru di benak publik mengenai perbandingan waktu tidur antara pria dan wanita. Perspektif tidak tepat itu menyebut lelaki butuh waktu tidur lebih banyak daripada wanita.

Padahal, menurut Profesor Jim Horne, Direktur Sleep Research Center di Loughborough University dan penulis buku Sleepfaring: A Journey Through The Science of Sleep, secara psikologi, wanita perlu waktu tidur lebih panjang dibandingkan dengan pria.

Jim mengungkapkan, hasil dari penelitian terhadap 210 pria paruh baya dan wanita, menemukan fakta lebih banyak wanita mengalami gangguan kesehatan karena kurang tidur. Kualitas tidur wanita ini berkaitan dengan kondisi psikologinya.

“Kami menemukan bahwa bagi wanita, kurang tidur sangat terkait dengan tingkat tinggi tekanan psikologis dan perasaan permusuhan, depresi, serta kemarahan. Sebaliknya, perasaan ini tidak terkait dengan tingkat yang sama dari gangguan tidur pada pria,” kata Jim.

“Salah satu fungsi utama tidur adalah untuk memungkinkan pemulihan otak dan perbaikan diri,” lanjut Jim.

“Selama tidur nyenyak, korteks bagian otak yang bertanggung jawab untuk memori pikiran, bahasa, dan sebagainya disegarka,” kata Jim.

Menurut Jim, jaringan otak wanita lebih kompleks daripada pria. Wanita juga memiliki kemampuan multitasking atau melakukan pekerjaan lebih dari satu dalam waktu yang sama.  Hal inilah yang menjadi alasan utama wanita lebih butuh tidur panjang dan nyenyak ketimbang pria.

“Hal ini karena jaringan otak wanita berbeda daripada laki-laki dan lebih kompleks, sehingga mereka perlu tidur lebih banyak. Rata-rata adalah 20 menit lebih banyak daripada pria, tetapi beberapa wanita mungkin perlu sedikit lebih atau kurang dari ini,” papar Jim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *