Tips Menjaga Kesehatan Organ Vagina Wanita

Posted on
Wanita normalnya memang pernah mengalami keputihan yang tidak beresiko berpenyakit parah. Keputihan ini berupa cairan bening yang keluar dari vagina tanpa rasa gatal dan sakit. Biasanya masa keputihan berada pada masa subur atau menjelang ovulasi. Ada pula keputihan yang keluar akibat rangsangan yang didapat oleh seorang wanita. Bila ini yang terjadi, Anda tak perlu terlalu khawatir karena tidak beresiko bahaya.Sedangkan keputihan yang mengeluarkan lendir berwarna kental dan berbau cukup dicurigai. Bisa saja keputihan semacam ini menandakan bahwa Anda tengah mengalami satu penyakit. Cobalah untuk mencari alternatif menghilangkan keputihan secara alami. Pasalnya bila dibiarkan begitu saja, bukan hanya menimbulkan ketidaknyamanan juga memperparah kondisi kesehatan. Sudah sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter agar mengetahui seberapa parah penyakit yang diderita.Untuk Anda yang tengah mengalami hal tersebut, berikut beberapa cara menyembuhkan keputihan.
  1. Gunakan pembalut yang dirasa cocok dan tepat
Pembalut adalah sahabat yang pas di kala seorang wanita mendapati siklus haid bulanan mereka. Benda yang satu ini tidak bisa disepelekan, karena akan menampung darah kotor Anda. Salah-salah memilih pembalut, organ kewanitaan Anda akan terancam kesehatannya. Salah memilih pembalut pun bisa berdampak pada keputihan akut yang berlangsung lama. Sebaiknya pilihlah pembalut yang memang memiliki bantalan berkualitas dan mengandung unsur herbal. Jangan lupa untuk mengganti pembalut setiap 3 atau 4 jam sekali atau ketika Anda merasa telah lembab.
  1. Jaga kelembaban organ kewanitaan Anda
Tingkat keasaman normal vagina wanita adalah 3,5, lebih dari itu Anda perlu berhati-hati. Untuk menjaga tingkat keasaman organ vagina, hindari penggunaan alat penyemprot. Hal ini hanya akan membuat tingkat iritasi semakin melonjak drastis. Anda hanya perlu menjaga kelembaban dengan cara membersihkan vagina setelah buang air. Bisa dilakukan dengan mengelap menggunakan handuk atau tissue. Cara menghilangkan keputihan secara alami ini tak akan meribetkan Anda. Keputihan bisa pula dipicu oleh tingkat keasaman yang meningkat dari organ vagina dari para wanita sendiri.
  1. Bersihkan organ vagina dengan tepat
Cara membersihkan organ vagina pun mampu mempengaruhi kesehatan dan keputihan yang keluar. Sebagian besar dokter menganjurkan agar wanita membersihkan vagina secara tepat. Yaitu dimulai dari arah vulva ke arah anus ketika buang air. Langkah ini diambil untuk menghindari kuman atau bakteri dari anus masuk ke organ vagina. Selain itu, Anda pun bisa menggunakan daun sirih untuk membersihkan organ vagina. Para ahli pun sepakat bahwa menghilangkan keputihan secara alami dengan daun sirih tidak menimbulkan efek samping. Di samping itu, Anda pun bisa menggunakan bawang putih dan bahan-bahan alami lainnya. Tak harus mahal bukan untuk tetap hidup sehat tanpa keputihan pengganggu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *