Tips Sederhana Panduan Hidup Sehat Untuk Wanita yang Harus Diikuti

Posted on

RANCAH POST – Tips sederhana panduan hidup sehat untuk wanita. Hidup yang sehat mengacu pada aspek yang berbeda dari kesejahteraan seperti fisik, sosial, emosional, mental, dan lain-lain. Kebutuhan hidup antara laki-laki dan perempuan berbeda, oleh karena itu keduanya harus menjaga kesehatan sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Perempuan menderita penyakit khusus tertentu seperti yang berkaitan dengan alat kelamin perempuan dan juga payudara. Sedangkan untuk kondisi hormonal tertentu diantaranya seperti menstruasi, KB, kesehatan ibu hamil, kelahiran anak, menopause, dan lain-lain. Beberapa kondisi medis dapat mempengaruhi baik pria ataupun wanita, seperti misalnya penyakit jantung, osteoporosis, dan lain-lain. Dengan begitu, perempuan harus lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatan tubuh agar bisa terhindar dari penyakit yang berbahaya.

Banyak yang mengatakan bahwa tubuh manusia itu seperti sebuah kuil yang harus disembah dengan cara yang benar. Bagaimanakah cara yang benar untuk menyembahnya? Jawabannya yakni dengan makan makanan yang bergizi dengan nutrisi yang penting dan juga mengikuti latihan-latihan tertentu secara teratur. Dokter mengatakan bahwa hanya dengan mengikuti diet dan latihan yang ketat tidak cukup untuk perempuan dalam menjalani hidup yang sehat. Selain itu, motivasi diri, perasaan, dan juga pikiran yang positif diperlukan untuk keseluruhan kesejahteraan bagi wanita. Seperti dikutip dalam Boldsky, berikut tips sederhana panduan hidup sehat untuk wanita yang harus diikuti.

Sarapan dengan teratur
Ahli gizi menyarankan bahwa wanita tidak boleh melewatkan sarapan paginya, karena itu merupakan jam makan yang paling penting setiap harinya dan bisa membantu mencegah pesta makan yang menyebabkan naiknya berat badan dan juga mencegah penyakit kronis tertentu seperti penyakit jantung dan lain-lain. Sarapan yang bergizi seperti sereal, barley, gandum, dan lain-lain merupakan makanan yang harus ada di meja makan setiap paginya.

Menyediakan makanan kecil
Beberapa makanan kecil yang harus selalu disediakan yakni buah-buahan musiman, sayuran hijau, karbohidrat, dan lain-lain. Bila di konsumsi secara teratur bisa menjaga tingkat energi agar tetap stabil dan juga dapat membantu fungsi tubuh agar lebih baik.

Makan kacang-kacangan, curd (dadih) dan Keju secara teratur
Kacang-kacangan, keju dan juga dadih merupakan sumber protein yang baik, oleh karena itu makanan ini harus dikonsumsi secara teratur.

Konsumsi iron suplemen dengan resep dokter
Biasanya, seorang wanita memerlukan 15 sampai 18 gram zat besi dalam sehari, sehingga dapat mencegah kondisi seperti anemia, kelelahan, kelemahan, dan lain-lain. Suplemen zat besi boleh dikonsumsi dengan resep dari dokter.

Aktif
Rutin melakukan latihan-latihan fisik tertentu dan yoga secara teratur dapat membantu tubuh agar tetap fit dan juga mencegah dari kondisi tertentu seperti kelemahan kaki, badan lemas, dan lain-lain.

Minum susu teratur
Perempuan bisa mendapatkan keuntungan dari meminum susu untuk membantu menjaga tulang agar tetap kuat, meningkatkan pertumbuhan otot, mendapatkan energi, mengurangi resiko stroke, dan lain-lain.

Minum banyak air
Hidrating tubuh sangat penting untuk tubuh agar tetap fit dan tetap baik. Minum setidaknya 8 gelas air sehari secara teratur. Bisa juga dengan menambahkan lemon dan madu ke dalamnya.

Luangkan waktu untuk diri sendiri
Memanjakan diri dalam beberapa kegiatan seperti membaca, memasak, mendengarkan musik, dan lain-lain merupakan hal yang penting yang harus dilakukan untuk menyenangkan dan meremajakan diri.

Itulah tips sederhana panduan hidup sehat untuk wanita yang harus diikuti. Selalu jaga kesehatan dan jalankan gaya hidup yang sehat, karena kekayaan yang sebenarnya adalah kesehatan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *