Wanita Ini Tak Pernah Merasa Kenyang, Ini Penyakit yang Menyerangnya

Posted on

TRIBUNPEKANBARU.COM - Setiap pagi, Rick Heijnen selalu mempersiapkan sarapan untuk sang putri, Suzanne Heijnen, di waktu yang sama dengan bahan yang sama pula: kreker dan biskuit, keju dan saus apel, selai kacang, kue jahe, jus jeruk, susu, dan air putih.

Terasa membosankan jika harus mengonsumsi menu makanan yang sama setiap harinya. Namun bagi kedua orangtua Suzanne, bila rutinitas tersebut diubah, bisa menjadi bencana besar bagi diet yang sedang diajalani putrinya sejak usia 2 tahun.

Suzanne Heijnen memiliki sindrom Prader-Willi, kelainan genetik yang diperkirakan dialami oleh satu dari 10.000 sampai 30.000 orang.

Peggy Ickenroth, seorang fotografer asal Belanda yang kini tinggal di Dublin, Orlandia, pertama kali bertemu dengan Suzanne beberapa tahun yang lalu, ketika gadis itu berusia 12 tahun.

Selama 2 minggu, Ickenroth mengabadikan kegiatan aktivitas sehari-hari keluarga Suzanne untuk mempelajari lebih lanjut tentang kelainan yang dialami Suzanne dan bagaimana kondisi tersebut itu mempengaruhi seseorang.

Gejala Prader-Willi dapat berupa kekuatan otot yang lemah, keterlambatan perkembangan, serta kesulitan mengendalikan emosi.

Suzanne sendiri memiliki masalah dengan tulang punggungnya, merasa mudah lelah, dan mudah marah walau diajak bercanda. Meski begitu, pertumbuhan fisik Suzanne terlihat normal. Sehingga bagi banyak orang, dia tampak seperti remaja lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *