Wanita Lebih Rentan Sakit Dibanding Pria, Mengapa?

Posted on

surabayanews.co.id – Penyakit datang tanpa kenal siapa yang diserangnya, sehingga kapan pun dan dimana pun seseorang bisa saja terserang penyakit. Namun, tahukah Anda bahwa bahwa wanita lebih rentan terserang penyakit dibanding pria?

Dikutip dari laman dailymail.co.uk, para ahli menemukan bahwa wanita memiliki risiko lebih besar terserang penyakit jika dibandingkan dengan pria.

Temuan ini bahkan diperkuat dengan penelitian yang dilakukan pada beberapa wanita di Amerika Serikat. Dari beberapa ribu wanita yang diteliti, para ahli menemukan bahwa setidaknya ada 81 persen wanita yang mengalami sakit kepala dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Sementara itu, hanya 68 persen pria yang merasakan sakit yang sama.

Studi lain juga menemukan bahwa hampir 57 persen wanita merasakan sakit punggung. Sedangkan untuk pria, hanya 50 persen saja yang merasakan sakit punggung. Tak hanya sakit kepala dan punggung, studi juga menyebutkan bahwa wanita rentan terhadap sakit lain. Dalam kurun waktu satu tahun terakhir, 34 persen wanita menderita beberapa jenis penyakit. Sementara itu, persentase untuk pria hanya sebesar 27 persen saja.

Jack Duckett, konsumen dari Lifestyles Analyst di Mintel mengungkapkan bahwa wanita adalah sosok pribadi yang lebih rentan menderita berbagai masalah kesehatan jika dibandingkan dengan pria. Wanita juga menjadi sosok yang mudah mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh.

Mengapa wanita lebih mudah sakit tentu bukan tanpa alasan. Jack Duckett mengungkapkan bahwa aktivitas wanita di rumah yang padat, sekaligus perannya sebagai ibu rumah tangga membuatnya bekerja lebih giat jika dibandingkan dengan para pria.

Banyak yang tidak menyadari atau memang tidak mengakui, sebenarnya pekerjaan mengurus rumah dan mengasuh anak yang dilakukan wanita tidak semudah yang dilihat. Pekerjaan ini bahkan bisa dikatakan mampu menguras tenaga dan membuat wanita rentan mengalami penurunan sistem imun tubuh, kelelahan juga rentan sakit.

“Wanita memiliki tanggung jawab besar untuk mengurus rumah dan mengasuh anak. Tanggung jawab yang besar dan aktivitas yang padat inilah yang nantinya membuat wanita lebih mudah dan berisiko sakit. Ketika wanita sakit, sering kali ia mengabaikan hal itu dan tak bisa mengantisipasinya dengan perasaan tenang seperti halnya yang dilakukan para pria. Meski wanita akan segera pulih dari sakit dengan beristirahat dan minum obat, kebanyakan wanita tak pernah bisa melakukan istirahat dengan tenang mengingat tanggung jawabnya mengurus keluarganya sangat besar,” ujar Duckett.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *