Waspada! Kenali Ciri-Ciri Keputihan Berbahaya

Posted on

Harianpost.net – Bagi kaum wanita, kesehatan reproduksi sangat penting untuk diperhatikan. Untuk memberikan perhatian khusus ke vagina, para wanita harus mengetahui ciri-ciri vagina yang sehat dan yang tidak. Biasanya di alat reproduksi wanita sering terjadi masalah-masalah yang sepele namun berakibat fatal.

Sebagai seorang wanita wajib hukumnya mengetahui pendidikan tentang ciri-ciri penyakit yang menyerang vagina. Karena kesalahpahaman yang terjadi bisa saja mengakibatkan gangguan terhadap vagina, apalgi jika sampai menimbulkan penyakit berbahaya.

Salah satu penyakit yang sering muncul pada area penting tersebut yaitu keputihan. Keputihan merupakan hal yang normal terjadi pada vagina. Keputihan normal biasanya berwarna bening hingga pekat seperti susu. Namun keputihan dikatakan tidak normal ketika berwarna cenderung coklat, kuning, hijau serta berbau tidak sedap.

Untuk mengenali penyakit yang terjadi akibat keputihan tidak normal, simak ciri-cirinya berikut ini:

Kanker serviks – Ciri-cirinya apabila keputihan berwarna sangat cokel atatau kemerahan. Biasanya keputihan juga disertai perdarahan terus-menerus serta sakit pada rahim.

Gonorrhoea – Ciri-cirinya apabila keputihan berwarna kuning atau kehitaman serta aromanya tidak sedap. Biasanya keputihan jenis ini disertai perdarahan di luar menstruasi serta sakit saat buang air kecil.

Trichomoniasis – Adalah keputihan yang warnanya kekuningan atau hijau dan aromanya tidak sedap. Keputihan disertai rasa gatal dan nyeri ketika buang air kecil.

Infeksi jamur – Keputihan saat infeksi jamur sangat kental, teksturnya agak padat, warnanya putih hingga kekuningan. Infeksi juga menyebabkan rasa ngilu pada saat berhubungan seksual, rasa gatal di sekitar vagina serta bengkak.

Infeksi bakteri vaginosis – Keputihan berwarna abu-abu, kuning, atau putih disertai aroma amis. Keputihan seperti ini menyebabkan vagina jadi gatal, kemerahan, seperti terbakar, dan bengkak.

Dengan mengetahui tanda-tanda awal tersebut, wanita diharapkan segera mengambil tindakan jika terjadi salah satu ciri-ciri di atas. Setidaknya penanganan lebih dini akan menjauhkan wanita dari penyakit vagina yang serius.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *