Waspadai Bila Keputihan Tunjukkan Gejala Seperti Ini

Posted on

Tanya;

Selamat siang Dokter,
Salam kenal, Dok. Saya mengalami keputihan tidak gatal, tapi berwarna kuning. Saya pernah menggunakan obat ketoconazole 200 mg, tapi kok belum sembuh juga? Apa yang harus saya lakukan? Dan sebenarnya keputihan dalam jangka waktu lama itu apakah merupakan tanda pnyakit serius?

TJ

Jawab:

Selamat siang Saudari TJ,
Cairan vagina yang normal memiliki berwarna jernih, putih ataupun putih kekuningan. Sedangkan teksturnya beragam, mulai dari encer, lengket dan elastis, hingga tampak lebih kental dan rekat. Keputihan berwarna kuning, tergolong cairan vagina yang tidak normal. Kemungkinan disebabkan oleh beberapa hal, sebagai berikut:

1. Gonore
Ditandai dengan keputihan berwarna kuning ataupun keruh. Gonore juga dapat disertai perdarahan di luar siklus menstruasi, nyeri panggul dan inkontinensia urine.

2. Trikomoniasis
Kondisi ini memungkinkan keputihan berwarna kuning, atau berwarna hijau dan berbusa. Biasanya disertai dengan bau tak sedap, serta rasa nyeri dan gatal saat buang air kecil.

3. Bakteri vaginosis
Kondisi ini memungkinkan keputihan berwarna kuning, atau putih dan abu-abu yang berbau amis. Penderitanya juga kemungkinan merasa gatal, dan perih di area kemaluan. Juga tampak kemerahan dan membengkak di sekitar vulva atau vagina.

4. Infeksi jamur
Keputihan dalam kondisi tersebut tampak kuning pucat seperti keju atau berwarna putih, dengan konsistensi lebih padat. Kemungkinan disertai rasa gatal, nyeri dan pembengkakan di sekitar vulva, dan juga rasa sakit saat melakukan hubungan seksual.

Nah, untuk dapat mendiagnosa penyebab keputihan Anda, diperlukan pemeriksaan penunjang berupa contoh atau sampel keputihan Anda agar diketahui penyebab dan didapatkan pengobatan yang sesuai.

Jika Anda mengalami keputihan yang lama dan tidak sembuh, mungkin saja hal ini disebabkan oleh karena belum mendapatkan pengobatan yang tepat (mengingat diperlukan pemeriksaan dokter) atau karena kebersihan organ intim yang kurang baik. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa keputihan yang lama dapat menjadi indiaksi suatu penyakit saperti infkesi organ reproduksi Anda.

Untuk itu sebaiknya Anda memeriksakan kondisi ini ke dokter dan hindari menggunakan pengobatan sendiri tanpa resep dokter.

Demikian penjelasan yang disampaikan, semoga bermanfaat. Terima kasih.


Dijawab oleh: dr. Deffy Leksani Anggar Sari
Sumber: www.meetdoctor.com

Suara.com -

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *